Seminar Kota Hijau

Pembangunan, urbanisasi dan pencemaran lingkungan hidup adalah tiga fenomena yang menjadi masalah umum di setiap perkotaan. Tingginya arus urbanisasi berdampak pada tingginya kebutuhan tempat tinggal dan pembangunan perumahan  Hal tersebut dibarengi dengan pembangunan sarana umum seperti gedung-gedung bertingkat, jalan raya, jembatan, dan lain sebagainya. Pembangunan fisik kota tidak jarang menghilangkan ruang terbuka hijau karena alih fungsi lahan. Pada titik tertentu terjadi ketidakseimbangan kawasan terbangun dari lahan terbuka  Hal ini memunculkan permasalahan lingkungan kota yang diakibatkan oleh degradasi kualitas lingkungan. 


Jumlah penduduk terus bertambah, sementara itu, ruang yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk pembangunan relatif tetap. Lahan tidak terbangun atau open space menjadi sasaran limpahan pemenuhan kebutuhan akan ruang yang mengakibatkan semakin menurunnya fungsi lingkungan secara umum. Tidak hanya itu, permasalahan-permasalahan kota juga bukan hanya dari segi fisik saja, sejalan dengan terus menurunnya kualitas fisik kota, ketidakmampuan suatu kota untuk memperbaiki kondisi akan menciptakan ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah yang akan memicu masalah-masalah sosial. Masalah-masalah sosial ini berkaitan dengan berbagai stakeholder, tidak hanya dapat diselesaikan oleh pemerintah sendiri, namun dalam penyelesaiannya membutuhkan peran dari berbagai pihak, sehingga semakin rumit untuk diselesaikan. Munculnya permasalahan fisik dan ditambah dengan permasalahan sosial ini membuat kota semakin tidak nyaman untuk ditinggali. 

Dalam kesempatan ini FT-USNI pada bulan Mei lalu tepatnya pada tanggal 18 dan 19 Mei 2017 dengan lima narasumber dari pakar-pakar pemerhati lingkungan demi terbangunnya kota hijau yang penuh dengan kenyamanan serta keindahan dengan teknologi yang smart. Tema seminar nasional yang berjudul Smart Technology Innovation And The City Green ini mendapatkan aplouse yang luar biasa dari peserta dan pemakalah yang mengikuti acara tersebut.

Dalam seminar prociding yang dilaksanakan oleh FT USNI dengan beberapa pembicara salah satunya adalah dengan pemateri yang menuangkan topiknya tentang Krisis Dan Kerawanan Mega City (Dr.Yusriani Sapta Dewi,M.Si) yang disapa bu yen ini memberikan gambaran sebuah keadaan lingkungan yang ada di kota negara indonesia, dan tak kalah menariknya pemateri Bapak Ir. Rido M Ichwan,MCP Kepala Badan Perencanaan Perumahan Rakyat Wilayah Infrastruktur Wilayah ini membicarakan Mengenai Bagaimana Program Pemerintah Dalam  Merencanakan Dan Mengembangkan Infrastruktur (Solusi) Perencanaan Dan Pemprograman Pengembangan Infra Struktur Yang Kredibel dan tak kalah pentingnya dengan pembicara-pembicara lainnya, untuk itu dalam menciptakan kota hijau mesti ada beberapa elemen pemerintahan yang terlibat agar tata kelola dan penggunaan sarana teknologi untuk mencapat kota hijau dapat terlaksana dengan baik walaupun sebagian besar sudah bisa dimanfaatkan dan dirasakan oleh masyarakat sekitar.

Jurnal Terbaru

Gallery Photo